Dahsyatnya Keilmuan Aji MUMPUNG

ajimumpung

Semua orang pasti tau apa itu Aji Mumpung yang jika di samakan dengan peribahasa adalah kesempatan tidak datang dua kali,selagi ada kesempatan kapan lagi,ini bisa berbuah ke perbuatan negative maupun positif.

Saya akan membahas tentang Dahsyatnya Aji Mumpung ini,sesuai dengan kapasitas dan pemahaman saya pribadi,dan mungkin akan sedikit berbeda atau bahkan jauh berbeda dengan pemikiran dan pemahaman orang lain.

Menurut saya,Aji Mumpung ini mempunyai pengaruh besar kepada diri sendiri ataupun orang lain,jika di cermati lebih dalam,hal ini adalah memanfaatkan sebuah kesempatan yang akan membawa dampak bisa positif bisa juga negatif,tergantung individu yang menjalaninya.

Memang tidak bisa di pungkiri,bahwa kita harus memanfaatkan secara benar apa yang telah kita raih dan kita capai,dan ini nantinya pasti akan berakhir positif,dan membawa hasil yang lebih baik sesuai dengan harapan kita sendiri ataupun bahkan bisa menjadi sebuah pelita dan harapan bagi orang sekitar kita.

Bagi saya,Aji Mumpung adalah sebuah cobaan yang harus kita jalani,dan kita lalui dengan cara yang benar,dan dengan konsekuensi yang tinggi tanpa harus memikirkan keuntungan ataupun ingin menjadi apa dan harus seperti apa.

Bisa kita lihat,banyak orang tidak sadar akan hal ini,bahkan mungkin saya sendiri,dimana saat mendapat amanah,tapi kita memanfaatkan amanah tersebut dengan kurang bijak,yang kita pikirkan hanya keuntungan dan hasilnya.

Mungkin juga hal ini adalah suatu penyakit yang lemah tapi mematikan,karena tanpa kita sadari keserakahan akan muncul dan menghiasinya(realita),entah itu serakah akan harta,serakah akan makanan,serakah akan hiburan,dan serakah-serakah lainnya.

Terlena sesaat dengan huforia atau kesenangan yang akhirnya malah menjadi sebuah cambukan yang pastinya membuat kita terjatuh ke dalam jurang keterlenaan.

Aji Mumpung itu bukan hanya sekedar rejeki tak terduga,tapi juga cobaan yang harus kita jalani,bahkan kadang keadaan ini membuat logika kita dan cara berpikir kita menjadi buntu,karena yang ada hanya mumpung ada,mumpung gratis,mumpung dapat,dan mumpung-mumpung lainnya.

Disinilah cobaan nya,dimana akhirnya kita tak lagi memikirkan siapa-siapa,karena yang ada hanya kepentingan pribadi,yang penting aku senang,yang penting aku bahagia,dan akhirnya lupa akan hak dan kewajiban pihak lain yang harusnya juga mempunyai hak dalam kemumpungan tadi.

Kenapa bisa begitu…??Ya..karena dalam diri kita telah ada sifat-sifat semacam itu yang harusnya kita bisa mengendalikannya,bukan malah memujanya,contohnya mudahnya yang sering ada dan terjadi di lingkungan kita adalah,mumpung gratis kenapa nggak,padahal itu gratis yang bagaimana,gratis yang seperti apa,apakah dengan gratis pemikiran jadi terbeli dengan gratis logika menjadi mati,dan dengan gratis apa yang kita perjuangkan sirna,dan hanya berganti sebuah kesenangan sesaat….

Tentu kita semua tidak ingin hal itu terjadi pada diri kita sendiri kan…???

Kenalilah lebih dalam aji mumpung ini,pahamilah dia,cintailah dia,maka kita akan tau seperti apa dan bagaimana aji mumpung ini bekerja dalam diri kita,yang bisa menghilangkan prinsip dan pemikiran kita.

Jika semua itu di dapat karena sebagai hadiah dari sebuah pencapaian yang telah kita jalani,terima dan lakukanlah dengan bijak,bijak dalam menyikapi segala sesuatu hal yang telah kita terima,dengan melihat sisi negatif ataupun posistif yang nantinya ada,dan bagaimana nanti cara mengatasinya jika terjadi sesuatu hal yangn tidak sesuai harapan kita.

Sebagai penutup,ingatlah bahwa “Aji Mumpung” ini bagai sebuah ilmu kedigjayaan yang tiada tanding dan begitu susah di kalahkan,hanya dengan pemikiran dan pemahaman yang bijak ajian ini akan kalah,dan sirna dari pribadi kita.

Dalam tulisan ini bukan maksud saya untuk menggurui siapapun. Dan mohon maaf kalau sampai ada kesan seperti itu. Tulisan ini adalah untuk mengingatkan pada diri saya sendiri, dan siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain.

 

_salam_
“by civo@TembangTafakuran”

Leave a Reply