Memahami Arti Silat Dalam Kehidupan

Memaknai Silat Dalam Kehidupan

Suatu ketika saya melihat anak-anak muda di kala terik matahari terasa menyengat mereka berlari berkelompok tanpa memperdulikan panasnya matahari dan membaranya jalanan ber aspal yang mereka lalui, mereka bukan lagi diet tetapi mereka sedang berlatih silat.

Saya teringat dikala dulu masih muda,saya begitu getol untuk belajar ilmu silat dari beragam aliran bahkan beberapa beladiri aliran dari luar negeri pun saya pelajari, dan semua aliran silat maupun beladiri yang saya pelajari, semuanya pada intinya mengajarkan hal yang sama, yang jika kita mau berpikir lebih dalam, apa yang diajarkan dalam berlatih silat mulai dari gerakan dasar sampai jurus yang mematikan sekalipun, jika diambil kesimpulannya,semuanya berhubungan dengan kehidupan yang kita jalani, saya akan membagi sedikit pengalaman saya ketika saya menekuni dan belajar silat ini yang akhirnya menjadi sebuah pemahaman akan realita kehidupan yang kita jalani sehari-hari.

 

Belajar Silat Bukan Belajar Jadi Jagoan

 

Belajar silat menurut pemahaman saya, adalah sebuah urutan tatanan hidup yang harus kita jalani, kenapa bisa begitu ?? ya , jawabannya adalah ketika kita belajar silat,kita akan di gembleng cara menempa dan mengolah tubuh secara maksimal, memahami mana bagian lemah pada tubuh kita , pada bagian yang lemah tersebut di maksimalkan untuk menjadi kuat.

Dengan begitu kita akan tahu mana titik lemah tubuh kita, yang artinya sama juga dengan titik lemah pada tubuh orang lain, sebagai contoh bagian lemah di daerah perut adalah ulu hati, jika ulu hati itu di pukul dengan tepat, bisa menimbulkan sakit yang luar biasa atau bahkan bisa pingsan dan sesak nafas, dan hal itu berlaku juga untuk orang lain, dan masih banyak contoh-contoh lainnya. Dari contoh diatas, jika itu terjadi pada kehidupan disekitar kita, bisa di ibaratkan sebuah masalah yang datang menimpa diri kita, jika masalah itu datang tepat pada bagian lemah kita, maka masalah itu akan menjadi sesuatu yang menimbulkan rasa sakit pada diri kita.

Belajar Silat bukan hanya sekedar olahraga,seni dan menjadi ahli dalam silat atau bahkan ahli berkelahi, tetapi di dalamnya mengajarkan kebijaksaan, mengedepankan rasa persadauraan dan saling menghormati kepada sesama, karena dari apa yang diajarkan semuanya itu berhubungan dengan kehidupan yang kita jalani, dalam hal ini banyak tidak di pahami oleh para pesilat maupun ahli beladiri, kenapa bisa begitu??karena banyak dari orang yang belajar silat maupun beladiri apapun itu alirannya, mereka hanya mementingkan ragawi nya, atau bahkan hanya ingin menjadi sok kuat dan jago berkelahi,padahal bukan itu tujuan utama dari belajar silat, karena belajar silat itu adalah belajar hidup.

Di dalam silat mengajarkan tentang indahnya kebersamaan,bukan tentang kerasnya latihan,kejamnya guru atau pelatih,silat mengajarkan kita bagaimana kita bisa selaras dengan realita kehidupan,dan selaras dengan kehidupan lingkungan sekitar, karena dengan keselarasan hidup ini akan terasa lebih indah dan membawa manfaat.

Orang yang memahami makna dari Silat,dia tidak akan mudah mengumbar tangannya untuk memukul, akan lebih tahan akan rasa sakit yang menimpanya, tidak mudah goyah pendirian dan prinsip hidupnya, keputusan yang diambilnya pun akan lebih bijaksana dan terarah, bisa menghindar ketika datang serangan yang membahayakan jiwanya, bahkan akan menangkis ataupun melakukan tangkapan jika serangan itu dilihatnya.

Kiranya cukup sekian dulu, nanti di lain waktu akan saya tulis lagi untuk pembahasan selanjutnya,anggap saja ini hanya sebagai kata pembuka…..
semoga bermanfaat.
_salam_
“tembangtafakuran”

No Responses

Leave a Reply