Ayo Berubah,Kita Pasti Bisa

ayo_berubah

sekilap.info

Berawal dari tanpa sengaja melihat iklan layanan masyarakat dengan jargon “Ayo Berubah” membuat saya ingin mengulasnya dari sudut pandang saya dan dari kenyataan kejadian sehari-hari di sekitar kehidupan saya.

Menurut saya jargon Ayo Berubah itu akan benar-benar bisa terealisasi adalah dengan melakukan perubahan pada diri sendiri dahulu,baru ke keluarga,lingkungan sekitar,lingkungan kerja dll,dari lingkup terkecil terus berkembangn ke lingkup yang lebih besar atau luas,apabila hal ini sudah terlaksana dengan baik,maka ajakan untuk berubah menjadi lebih baik ini akan bisa terealisasi pada kehidupan di masyarakat,satu realita yang ada di sekitar kita adalah,jargon hanya berupa jargon,hanya di ucapkan dan hanya di sosialisasikan tanpa ada tindakan nyata,hal ini nyata dan tidak bisa dipungkiri terjadi di sekitar kita,hingga mengakibatkan lingkungan atau masyarakat pesimis dan mengatakan…”AHH TEORI”

Dan diakui atau tidak diakui hal itu benar adanya,bahwa hampir semua ajakan,himbauan itu hanya teori…dan teori….

Hal itu di sebabkan karena belum adanya suatu keyakinan untuk berubah dan tidak diawali perubahan dari lingkup terkecil,yaitu perubahan pada diri sendiri,pada semua aspek kehidupan yang kita lakukan. Belajar menerima kritik dan saran yang membangun,dan mengakui setiap kekurangan dan kesalahan diri sendiri

Untuk bisa berubah,menurut saya adalah dengan terlebih dahulu mengenal diri sendiri dimulai dari hal sederhana dari apa yang kita lakukan sehari-hari. Mengapa mengetahui diri sendiri merupakan hal yang penting untuk dilakukan ?? karena jika kita tidak mengetahui dan memahami diri sendiri darimana kita dapat berubah, bagaimana mengetahui apa keinginan yang kuat diri kita sendiri, dan masih banyak lainnya.

Mengenal dan memahami diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Tidak semua orang bisa dan mampu mengenal dirinya sendiri dengan jelas. Hal inilah yang membuat susah untuk melakukan perubahan jika kita tidak tau apa yang harus diubah, mengapa diubah, dan bagaimana hasilnya setelah melakukan perubahan diri. Dengan begitu kita akan mengerti dan tau pasti apa yang terbaik bagi diri kita. Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk memulainya, diantaranya dapat berupa mengetahui kekurangan serta kelebihan diri sendiri sehingga akan terbentuk suatu keyakinan mengenai diri sendiri dan dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki dengan maksimal, maupun bisa juga dengan cara mengetahui apa keinginan dari diri sendiri atau juga dengan cara introspeksi diri dan masih banyak cara-cara lainnya yang bisa dilakukan. Namun, sekali lagi saya utarakan,semua ini bukan perkara mudah untuk mengenal diri sendiri dengan baik. Dibutuhkan kemauan dan keterbukaan pada diri sendiri untuk mengetahui bagaimana sifat diri sendiri,dari sini kita harus mempunyai keyakinan dan kemauan yang kuat, yaitu untuk apa tujuan kita mengenal diri sendiri dan kelebihan yang akan kita dapatkan setelah mengenal diri sendiri. Tujuan dari mengenal diri sendiri adalah untuk memaksimalkan potensi diri yang kita miliki. Jika kita sudah mengenal diri kita sendiri, maka akan sangat banyak keuntungan yang akan didapatkan bagi diri sendiri. Diantaranya adalah, segala sesuatu  yang kita lakukan ataupun kerjakan akan menjadi nyaman dan yang terpenting adalah munculnya rasa bahagia, karena sudah sesuai dengan apa yang disukai dan diinginkan, dalam kehidupanpun akan menjadi lebih terarah karena sudah tau apa inti dari sifat serta keinginan diri sendiri, semua yang kita lakukan akan menjadi lebih efektif dan efisien,dan masih banyak sekali keuntungan lainnya. Jika semua ini sudah benar terlaksana maka perubahan akan benar-benar terwujud…Aamiiinnn

 

_salam_

Leave a Reply