Ayo Belajar Menghargai

belajar_menghargai

Sekilap.info

Kita tau yang namanya Manusia ,pasti tidak akan pernah ada yang luput dari namanya kesalahan.Dengan kata lain,tidak ada seorangpun manusia dimanapun itu,siapapun orangnya,dari golongan apapun itu,yang tidak pernah berbuat suatu kesalahan. Karena kesempurnaan dan kebenaran hanyalah milik Tuhan Yang Maha Sempurna. Jika kita mau jujur pada diri sendiri (dan mau tidak mau kita harus jujur),bahwa setiap hari,apapun yang kita lakukan tak pernah luput dari berbuat salah, baik dari hal-hal yang mungkin nampak sepele bagi kita, tapi begitu menyakitkan bagi orang lain.

Ketika kita parkir motor atau mobil , juru parkir sudah menata motor /mobil kita memberi kita secarik kertas yang berisi nomor ataupun karcis ,Dan kita sama sekali tidak merasa perlu,walaupun hanya sekedar untuk mengucapkan terima kasih, karena kita merasa sudah membayar biaya parkirnya.Ketika makan di rumah makan, tak pernah terucap sepatah kata terima kasih pada pelayan yang telah mengantarkan makanan dan melayani kita,karena kita merasa sudah membayar untuk semua itu. Ketika masuk rumah sakit, perawat menyambut pasien yang mau dibawa dan diantarkan untuk periksa denga kursi roda,jika sudah sampai pada tempat periksa kita berlalu begitu saja tanpa mengucapkan terima kasih,bahkan tidak jarang tanpa melihat wajahnya. Ada yang mengantarkan paket dari jasa expedisi yang mengantarkan barang yang kita pesan dari belanja online,tapi dengan sangat cuek,dan teken tanda terima kita sama sekali tidak merasa perlu untuk mengucapkan terima kasih.Merusak Alam dan membuang sampah sembarangan juga merupakan bentuk tidak adanya rasa terima kasih yang semua itu berakibat rusaknya alam dan nantinya bisa menimbulkan bencana.

Bagi kita semua itu kemungkinan adalah sesuatu hal yang biasa dan sepele,bahkan tidak pernah terpikirkan sedikitpun,bahwa sikap kita, telah melukai perasaan orang lain ,yang kebetulan nasibnya menjadi juru parkir ,pelayan restoran ataupun perawat. Yang seharusnya selalu kita ingat dan kita tanamkan dalam diri kita adalah “Segala Sesuatu yang Besar,Selalu Dimulai dari Yang Kecil” karena jika Orang tidak dapat dipercayai dan mengerjakan hal-hal kecil atau bahkan kelihatan sepele,mustahil orang tersebut dapat dipercaya dalam menyelesaikan pekerjaan untuk hal hal yang besar. Orang yang tidak bisa jujur dalam suatu hal kecil,mana mungkin orang tersebut bisa jujur dalam hal yang besar.Apabila kita mau belajar,belajarlah dari naik tangga dari lantai dasar, orang harus mau memulainya dari menapaki anak tangga yang pertama dan paling bawah,selangkah demi selangkah baru dapat sampai pada anak tangga tertinggi yang paling atas. Hal ini berlaku dalam setiap aspek kehidupan yang kita jalani .Baik kehidupan pribadi,maupun dalam bermasyarakat ,lingkungan sekitar,lilngkungan kerja dan sesama.Bila orang sudah terbiasa hidup tanpa ada rasa peduli pada perasaan orang lain,maka nantinya akan menjadi duri dalam masyarakat,lingkungan kerja dan lingkungan sekitar tempat tinggal. Karena hal itu bisa mengakibatkan dimanapun adanya akan Selalu mementingkan egoism dan perasaan Maha Betul,dan suka memaksakan kehendak kepada orang lain apapun caranya.

Marilah kita tanamkan rasa peduli pada sesama,rasa saling menghargai pada setiap orang ini kepada anak-anak kita sejak dini,agar kelak mereka nantinya bisa menjadi orang yang mau menghargai orang lain,dan bisa menjadi orang yang penuh sopan santun terhadap siapapun dari kalangan dan golongan apapun,tidak mudah menghina orang lain dan selalu hormat serta menghargai sesamanya,dan selalu mencintai serta menjaga kelestarian alam di sekitarnya.

_salam_

Leave a Reply