Berpikir Selalu Negatif membuat Hidupmu Akan semakin Sempit

Berpikir Selalu Negatif

Berpikir adalah modal awal dari manusia untuk mengarungi kehidupan sehari-hari, dengan berpikir orang akan bisa mengambil keputusan dan bisa menyelesaikan suatu masalah yang datang menghampiri. Tetapi sekarang ini realita nya adalah manusia sudah jarang bahkan tidak mau berpikir tentang apa dan bagaimana menjadi lebih baik bagi dirinya, menerima segala informasi tanpa berpikir panjang , dan menganggap informasi yang di terimanya itu benar , padahal itu belum tentu atau malah sangat di ragukan kebenarannya.

 

Berpikir Negatif menjadi Hobi

 

Kadang kita melihat ada orang yang selalu tenang, penuh canda dan jauh dari rasa ketakutan, kita pun bertanya dalam hati kita, kenapa bisa seperti itu, kenapa dalam kerasnya hidup ini mereka bisa sebahagia itu ?? yaa,jawabnya adalah mereka itu adalah orang-orang yang selalu berpikiran positif, selalu optimis akan kehidupan yang mereka jalani, selalu mencintai bukan membenci bahkan mencurigai.

Adakalanya juga kita melihat di lingkungan sekitar kita, entah itu lingkungan kerja ataupun lingkungan dalam kehidupan bertetangga, pasti ada di antaranya yang selalu mempunyai rasa curiga, ingin tau dan suka ikut campur urusan orang lain, tanpa mengetahui sudah bisa menghakimi, seakan mereka ini paling benar dan bahkan selalu benar, mereka ini nyata dalam realita kehidupan sekitar, orang-orang yang menurut saya tidak bisa menerima apa adanya dan yang ada hanya ketakutan dan prasangka buruk saja.

Di masa sekarang ini, banyak orang yang suka dan mempunyai hobi berpikir negatif, suatu contoh kecil “ketika ada sebuah ruangan kerja yang tertutup dan di dalamnya ada karyawan cewek dan cowok, dari luar terdengar mereka sering bercanda” bagi orang yang selalu berpikir negatif, akan timbul kecurigaan darinya , wah lagi ngapain mereka , jangan-jangan mereka berbuat yang kurang baik,dan lain sebagainya.

Alasan mereka pun klasik, yaitu waspada terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan, karena mereka ini selalu beranggapan mereka ini bersih, suci dan selalu benar. Sebenarnya hal itu bukanlah waspada, kenapa bisa seperti itu?? Apa yang patut di waspadai dalam lingkungan kerja atau sekitar, ataukah hanya karena ruangan tertutup itu pasti identik dengan sesuatu yang tidak benar, atau bisa jadi mereka-mereka ini pernah mengalami hal demikian itu, yang akhirnya timbul phobia dalam diri mereka. Beragam alasan biasanya akan keluar dari pikiran mereka, dan biasanya akan di hubungkan dengan agama, sedangkan jika dilihat dari sisi agamapun kita dilarang untuk berpikiran negatif dan mencurigai yang belum tentu apa yang kita curigai itu benar adanya.

Karena berpikir negatif sudah menjadi hobi, akhirnya golongan mereka ini, begitu susah dan begitu berat dalam menjalani hidup, karena hidup mereka hanya dihiasi indahnya rasa pesimis, buaian rasa curiga dan yang paling parah adalah mereka ini selalu benar!!!. Hidup mereka tidak bisa semerdeka orang-orang yang mau menjalani hidup apa adanya, pikiran mereka aslinya sempit tanpa mereka sadari, hidup mereka ini pasti ribet, bahkan mungkin kurang yakin akan nikmat yang datang dari Gusti Allah, dan hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman mereka dalam menjalani hidup, kehidupan akan terasa sempit dan terhimpit jika hal ini di teruskan.

Kenyaman hidup pastilah dambaan bagi setiap manusia hidup, tidak akan ada manusia itu mempunyai keinginan untuk mencurigai hidup,kalaupun pun ada pasti sudah terbalik logikanya. Tetapi boleh percaya atau tidak, di dalam realita kehidupan sekarang ini, banyak orang yang sukanya mencurigai dan mencampuri urusan orang lain, dengan dalih waspada dan waspada, karena kejahatan itu datangnya dari kesempatan ( kurang lebih begitulah cara berpikir mereka ).

Hal itu ada benarnya, tetapi yang jadi pertanyaan besar adalah ??? waspada seperti apa??kejahatan yang bagaimana???jika kita mau menanyakan hal ini pada mereka, mereka pasti akan kebingungan menjawabnya.

 

Hiasilah Hidup Dengan Berpikir Positif

 

Kita pasti tidak mau hidup dalam keadaan sempit dan terhimpit, maka hiasilah hidupmu dengan berpikir secara positif, rubahlah cara pandang akan sesamamu,rekan kerjamu,lingkungan sekitarmu dengan selalu berpikir positif, rubahlah rasa curiga dengan rasa percaya, jika itu semua bisa dilakukan, maka apapun yang dilakukan dalam menjalani hidup ini akan terasa nikmat, bukan menjadi sebuah laknat.

Berfikir positif akan membawa keindahan dan kenyaman dalam hidup, karena hal itu akan mengubah cara pandang hidup dan cara berpikir kita, yang akhirnya akan menjadikan kita selalu berpikir terbuka, mau memberi bukan hanya menerima dan lebih bisa menerima kenyataan tentang siapa dan apa diri kita ini. Cara berpikir positif akan membuat hidup banyak dihiasi canda dan tawa, dan satu hal lagi bahwa berpikir positif itu sama halnya dengan kita mau menerima apapun yang datang dari Gusti Allah dengan penuh ikhlas dan menjadikannya sebuah rahmat bagi hidup kita.

Maka mulailah dari sekarang kita bersama menanamkan cara berpikir dengan positif, memandang segala sesuatu yang terlihat maupun tidak terlihat dengan positif, karena apapun yang kita lihat maupun kita dengar, lebih-lebih itu hanya dari katanya dan katanya itu adalah sesuatu yang benar adanya.

“semoga manfaat”

_salam_
“tembangtafakuran”

 

 

 

Leave a Reply