Kenapa Rasa Minder Itu Ada?

rasa-minder

Fenomena sikap minder mungkin sudah tidak asing lagi dimiliki oleh kebanyakan orang, tidak peduli itu tua ataupun muda. Sebagian besar orang-orang saat ini menganggap bahwa golongan dan kedudukan seseorang menentukan dimana dia tepat memilih target untuk bergaul dan berteman.

 

Entah itu dalam lingkungan sosial, ataupun pada hal yang menjurus pada perasaan yang berujung cinta.Tidak bisa dipungkiri lagi rasa minder itu timbul dikarenakan ada sesuatu yang mengganjal dalam diri yang tidak bisa dimiliki diri sendiri, sementara orang lain memiliki.

 

Akibat dari hal itu kita menjauh dari sebuah lingkup pergaulan yang sebenarnya membuat kita nyaman. Banyak alasan-alasan yang mendasari seseorang memiliki rasa minder,saya akan mencoba sedikit memberikan gambaran dan wacana sesuai dengan pemikiran dan pemahaman saya.

 

Kita merasa diri sendiri rendah. Dengan rendahnya kualitas yang ada dan dimiliki dalam diri sendiri membuat kita berpikir untuk bisa keluar dari zona antah berantah tersebut. Dan hasilnya tentu saja rasa nyaman yang sebelumnya sudah ada dan terasa seketika itu hilang.

 

Kita merasa tidak bisa menyeimbangkan pola dan gaya hidup di lingkungan sekitar. Secara materil, kedudukan, atau apapun itu membuat seseorang yang merasa minder,akan merasa bahwa apa yang telah dimilikinya saat ini tidak mungkin bisa menyaingi ataupun mengimbangi apa yang dimiliki oleh orang lain.

 

Dengan demikian semua itu berakibat pada perasaan pada diri sendiri, mereka merasakan suatu gejolak dalam diri yang bisa menimbulkan perasaan tidak enak. Merasa tidak pantas,merasa kurang,dll.

 

Seseorang yang memiliki rasa minder cenderung menyadari apa yang ada padanya saat ini tidak mungkin bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Dengan begitu dirinya justru pilih kasih atau pilih-pilih dalam bersosialisasi dan bergaul dengan lingkungannya.

 

Beberapa alasan itulah yang menjadi alasan mengapa orang bisa memiliki rasa minder. Mereka tidak mampu menyikapi dengan positif segala keadaan yang berbeda terjadi pada dirinya dan orang lain.

 

Kembali ke judul di atas, kenapa minder? Karena rendahnya kualitas dalam diri sendiri membuat seseorang yang memiliki rasa minder, cenderung berusaha keluar dari zona nyaman dengan tujuan mencari tempat yang lebih aman dan pantas.

 

Sehingga, kebanyakan dari mereka akan merasa dirinya tinggi dan pantas saat berhadapan dengan orang yang rendah atau dibawahnya.Karena orang yang sebelumnya merasakan minder sebagai gejolak, kemudian pindah ke ruang lingkup yang rendah,mereka merasakan kehidupan yang berbeda.

 

Dari itu semua orang yang merasa minder akan mencoba memahami permasalahan yang terjadi dalam dirinya sendiri,dari situ biasanya mereka mulai sadar bahwa sikap minder itu salah. Tidak ada suatu tingkat keunggulan antara satu dengan yang lainnya,antara golongan dan kedudukan,semua tergantung bagaimana kita menyikapinya.

 

Kesimpulan dari semua itu,rasa minder adalah suatu bentuk kecemburuan yang terjadi di lingkungan sosial atau dalam lingkup pergaulan. Tidak ada tingkatan atau bagan struktural yang ada di lingkungan sosial, kecuali diri sendirilah yang menganggap bahwa tingkatan dalam lingkungan itu ada,dan inilah yang menyebabkan munculnya rasa minder tersebut.

 

Untuk itu mari jauhi sikap minder tersebut, karena hanya akan berakibat merugikan diri sendiri. Secara garis besar menurut pemahaman saya, orang yang minder adalah orang yang tidak siap menghadapi situasi dan kondisi yang terjadi dan ada pada lingkungannya.

 

_salam_
“by TembangTafakuran”

Leave a Reply