Lelah Gak Masalah

lelah

sekilap.info

Lelah merupakan rasa capek yang dirasakan oleh tubuh dan pikiran kita, ketika suatu aktivitas yang menguras energi baik itu tenaga maupun pikiran di jalankan pada suatu waktu,kurang lebih itu definisi dari kata lelah secara umum.

Lelah, memang suatu hal yang sangat manusiawi bagi semua orang. Bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun. Ketika lelah itu dirasakan, kita ingin istirahat,ingin santai, dan rileks untuk sejenak. Lakukanlah, jika itu memang menyegarkan dan membuat kita nyaman. Gak perlu malu. Gak perlu gengsi,jika kamu lelah,istirahatlah.

Lelah adalah siklus yang sudah lazim,maka lalui saja,tanpa di undang dan tanpa pemberitahuan lelah pasti datang menghampiri diri kita. Dan tak ada seorang pun dari kita yang benar-benar bisa terbebas dari rasa lelah. Rasa lelah merupakan pusat kesadaran tentang betapa Allah Maha Sempurna karena Dia tak pernah lelah.

Maka perjalan hidup ini selalu di hiasi dengan rasa lelah,semua perjalan untuk mencapai sukses dimulai dari proses adanya rasa lelah itu sendiri, suatu kesuksesan di bidang dan dalam hal apapun selalu didahului rasa lelah. Kebahagiaan tidak akan dicapai tanpa merasakan kelelahan, susah payah, dan memberikan kesungguhan terlebih dahulu.

Lelah itu gak masalah. Asal jangan membikin kita menjadi gak bisa ngapa-ngapain. Apalagi yang lebih parah sampai gak bisa kontrol diri. Bahkan di saat lelah, jangan sampai membuat kita cemberut, marah-marah ga jelas dan kehilangan semangat.

Lelah, nikmatilah dan lalui saja dengan apa adanya,karena itu tandanya bahwa kita punya aktivitas. Berarti hari ini kita menjalankan suatu aktivitas tanpa kesia-siaan.

Bersyukurlah, kita masih bisa merasakan lelah. Bayangkan kalau kita sudah gak bisa merasakan lelah lagi. Mengerikan, karena itu tandanya kita sudah “terbujur kaku” alias meninggal dunia.

Orang jika di landa rasa lelah yang penting jangan sampai berpikir yang enggak-enggak. Nikmati dengan santai, gak usah memikirkan yang macam-macam. Tidak perlu menggerutu dan mengumpat dalam hati, “Kenapa aku lemah?, Kenapa aku nggak berguna?, Kenapa aku hanya merepotkan? Kenapa aku nggak bisa apa-apa?, Kenapa aku gak dapat apa-apa? Dan masih banyak kenapa,kenapa lainnya yang tidak perlu kita pikirkan” Jadilah orang lelah yang tetap berpikir positif dan selalu melihat sesuatu dengan bijak,tidak perlu kita menghujat, meremehkan orang lain, nggak perlu kecewa,nggak perlu memikirkan sesuatu yang malah bikin kita galau.

Kalau kata anak muda sekarang, “woles bro…”. Itulah obat lelah yang mujarab. Ketahuilah  banyak orang-orang menjadi sukses dan besar,karena mereka tak hanya berlelah-lelah untuk keberhasilan yang mereka raih. Tapi mereka juga mau mengerjakan hal yang bisa membawa manfaat bagi orang banyak. Penulis, guru, karyawan, dokter, bahkan petani di kampong dan semua profesi apapun itu yang di tekuni.

Mereka semua pasti berlelah-lelah dulu sebelum bisa menjadi seperti sekarang. Sampai malam ini pun mereka masih berlelah-lelah dengan apa yang mereka tekuni.

Hebat kan mereka??. Salut. Jadi, kalau kamu malam ini lelah. Atau esok pagi lelah juga. Beristirahatlah sejenak. Rebahkanlah tubuh dan hati kita dalam pangkuan Ilahi. Sambil menatap ke atas,dan renungkanlah,

Tak ada kekuatan bagi yang tak punya tekad.

Tak ada kesenangan bagi yang tak punya sabar.

Tak ada kenikmatan bagi yang tidak bersusah-susah.

Tak ada kebahagiaan bagi yang tak berlelah-lelah.

Karena dunia, memang tempat kita berlelah-lelah, bersusah payah untuk menuju kebahagian dan kesuksesan abadi.

 

_salam_

Leave a Reply