Masih Mau Ngurusi Pekerjaan Kantor Siang-Malam???

Masih Mau Ngurusi Pekerjaan Kantor Siang-Malam

Bekerja itu kurang lebih sama dengan berkarya,jadi wajar juga jika kamu ingin memberikan yang terbaik dari kemampuan yang ada pada dirimu. Dengan harapan, mendapat sebuah kepuasan dari apa yang kamu kerjakan.

Dengan begitu perusahaan akan memberi nilai lebih, yang akhirnya, banyak para pekerja yang rela bekerja sampai di luar batas waktu jam kerja, meski itu tidak mendapatkan bayaran.

banyaknya kerjaan yang menumpuk membuatmu merasa biasa saja menghabiskan waktu lebih dari 7-8 jam sehari untuk menyelesaikan pekerjaanmu, belum lagi hal-hal lain yang sebenarnya masih termasuk urusan dan pekerjaan kantor yang harus kamu kerjakan di luar kantor. Di rumah tentunya.

Totalitas dan loyalitas dalam bekerja memang perlu dan dibutuhkan untuk perkembangan karir kedepannya,tetapi hal itu dilakukan tidak harus dengan memberikan seluruh waktu dan tenagamu untuk perusahaan.

BACA JUGA : Ga perlu Sok Dalam Bekerja

Perusahaan Menggajimu Sesuai dengan yang Tertulis di Kontrak Kerjamu

Pastinya kamu ingat saat mendapat tawaran pekerjaan dulu,di sana tentu sudah tertulis kesepakatan antara kamu dan perusahaan mengenai jumlah gaji yang kamu terima, setiap detil pekerjaan yang akan kamu lakukan, dan juga jam kerja di perusahaan tempatmu bekerja.

Sesuai Undang-undang Ketenagakerjaan, jam kerja itu umumnya 7-8 jam/hari dan maksimal 40 jam/minggu. Nah kalau perusahaan tempatmu bekerja selalu menggajimu sesuai jumlah yang tertera pada kontrak, kenapa kamu harus repot-repot dan sibuk menambah jam kerja lebih dari yang telah disepakati?

Kenapa harus Sibuk dengan Pekerjaan Jika tidak ada Tunjangan

Di dalam dunia kerja, aturan yang seharusnya ada adalah take and give,Jadi kamu memberikan tenaga dan pikiranmu sebanyak apa yang perusahaan telah berikan padamu.

Gaji yang diberikan padamu tentu sudah dipikirkan secara matang oleh perusahaan, mempertimbangkan kualitas kerjamu serta seberapa banyak yang nantinya bisa kamu berikan,untuk kemajuan dan keuntungan bagi perusahaan.

Tapi kalau kamu belum sadar, perusahaan akan sangat senang kalau kamu rajin bekerja sampai di luar jam kerja tanpa dibayar bahkan tanpa meminta uang tambahan(lembur). Jelas hal ini akan menambah keuntungan perusahaan. Yang harus diingat bahwa kamu bukan robot pekerja, dan kamu tentunya nggak terlalu perlu memberi keuntungan lebih ke perusahaan.

Jangan Merasa Punya Hutang Moral Karena Perusahaan Royal

Mungkin juga selama ini perusahaan tempat kamu bekerja termasuk sebuah perusahaan yang sering memberikan fasilitas lebih ke para karyawannya.

Seperti tunjangan kesehatan, tunjangan anak istri,atau bahkan liburan bareng tiga bulan sekali. Hanya karena mendapatkan itu semua, membuat kamu merasa nggak enak kalau kerja tepat waktu baik masuk ataupun saat pulang.

Jangan pernah kamu merasa perusahaan memberikan lebih dari yang seharusnya, karena realita dan nyatanya memang tidak sama sekali. Berbagai macam tunjangan itu memang kewajiban, sedangkan liburan ataupun acara senang-senang memang sudah seharusnya diberikan perusahaan untuk sekedar refreshing dari rutinitas kerja sehari-hari. Banyak perusahaan yang mempunyai prinsip asal kamu melakukan semua tugasmu dengan baik, semua sudah dibayar sesuai perjanjian. Ya karena, itu ‘kan tugas utamamu sebagai seorang karyawan.

Untuk Apa dapat Uang jika Keseharian tak bisa Lepas dari Urusan Kerja

Bagi kamu yang masih bekerja sampai diluar batas jam kerja, dan masih sibuk juga dengan urusan kantor di hari Sabtu dan Minggu ,sampai lupa makan,minum dan kurang tidur, mulai kembalilah ke alasan yang membuat kamu bekerja.

Bekerja itu untuk mendapatkan sejumlah uang atau mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, jadi untuk apa kamu bekerja jika mengakibatkan lupa keluarga,lupa makan atau bahkan jatuh sakit, karena begitu sibuknya?

Bahkan kamu nggak bisa bersenang-senang sekedar refreshing untuk menikmati hasil jerih payahmu di akhir pekan? Dan jika sampai jatuh sakit,uang hasil kerja kerasmu malah habis untuk biaya berobat ke dokter.

Hargailah Diri dan Kemampuanmu

Kamu memang membutuhkan pekerjaan untuk mencari nafkah dan mencukupi kebutuhan hidup. Dan mungkin harapanmu adalah perusahaan akan senang jika melihat kamu rajin dalam bekerja,hal itu akan membuatmu bertahan lama di sana. Tapi ingatlah satu hal, bahwa perusahaan juga membutuhkan tenaga dan kemampuanmu. Maka Hargailah kemampuanmu dan Dirimu.

Ya,di dalam dunia kerja memang harus totalitas dan loyalitas yang diberikan,tetapi hal itupun tidak harus dengan mengorbankan seluruh waktu,tenaga dan kemampuanmu untuk perusahaan,”Ingatlah kamu juga punya Kehidupan.”

 

_salam_
“TembangTafakuran”

Leave a Reply