Jangan Mencari Kambing Hitam dalam Setiap Masalah

Jangan Mencari Kambing Hitam dalam Setiap Masalah

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah kambing hitam..??bukan kambing yang berwarna hitam,tetapi sebuah istilah yang mempunyai makna jika seseorang membuat suatu masalah dan agar terhindar dari masalah tersebut,maka akan dicari orang lain untuk menjadi korban dari masalah yang di timbulkannya,nah korban inilah yang biasa disebut kambing hitam.

Dalam hidup,kamu pasti memiliki masalah dan kendala yang harus di hadapi,bertemu dengan orang-orang yang bikin tidak nyaman,ataupun kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan,semua itu pastinya menjengkelkan,bahkan membuat kamu merasa lelah ataupun muak dalam menghadapinya.

Tentu saja kamu akan berusaha untuk menghindar,mencari berbagai macam cara dan alasan atas semua masalah yang sedang kamu hadapi tersebut,dan semua itu tanpa ada penyelesaian.

Bahkan kamu akan mencari sebuah pembenaran atas segala sikap yang kamu lakukan,dengan menyalahkan kondisi dan berbagai masalah yang datang menghampirimu.

Pada Intinya,kamu akan selalu berusaha untuk selalu menghindar dan lari dari setiap masalahmu tanpa kamu bisa menyelesaikannya secara dewasa dan bijak,yang tanpa terasa hal itu malah semakin membawa hidupmu semakin terpuruk dan jatuh.

Masalah dan setiap tantangan dalam hidup entah itu sesuatu yang baik ataupun buruk,pasti semua orang mengalaminya.Namun sangat disayangkan jika kamu menemui sebuah masalah tanpa kamu selesaikan dan tidak pernah ada upaya untuk mengatasinya.

Janganlah Berlebihan

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa masalah adalah sebuah seni dalam menjalani hidup dan sebuah nikmat yang menghiasi kehidupan,dengan anggapan seperti itu akan membawa perubahan pada kehidupan yang sedang kamu jalani.

Tetapi banyak juga orang yang terlalu berlebihan menanggapi suatu masalah yang datang,yang mengakibatkan dan membawa dampak negatif  jika nantinya masalah-masalah itu datang menyapa.

Di sisi lain,kamu sebenarnya memiliki kesempatan yang sama besarnya dengan orang yang bisa menyikapi datangnya masalah dengan santai dan pasrah,dengan begitu kamu bisa mengambil pelajaran dan bisa berdampak positif bagi diri sendiri juga sebuah pengalaman yang bisa diambil dari masalah yang muncul,tetapi kamu malah menghindar dan tidak melakukan penyelesaiannya.

Gambaran negatif dan buruk itulah yang akan membuat kamu ketakutan,khawatir,lemah dan bahkan menyerah tanpa ada usaha untuk menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi.

Dan untuk mencari titik aman,kamu akan mencari korban untuk kamu jadikan kambing hitam atas masalah tersebut,hal ini akan muncul secara terus menerus dan berlangsung ketika kamu dihadapkan pada sebuah masalah atau hal yang tidak menyenangkan yang sedang kamu alami.

Ini adalah sebuah kesalahan fatal yang membuat kehidupan yang kamu jalani tidak akan terasa tenang,nyaman dan bahagia.

Masalah Itu Harus Di hadapi bukan Untuk di hindari

Perbaikilah diri sendiri dan mulailah mengubah cara pandang dan berpikir yang keliru selama ini,ketahuilah secara pasti bahwa diri kamu bisa dan mampu menghadapi segala tantangan dan masalah hidup yang datang silih berganti.

Yakinlah bahwa kamu bisa dan mampu,sehingga semua rasa khawatir,takut,lemah dan bahkan putus asa tidak akan datang menghantui pikiran dan kehidupan kamu.

Memiliki rasa percaya diri yang baik dan bijak,merupakan salah satu kemampuan dan faktor positif dalam menghadapi berbagai masalah untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang,sehingga akan membantu kamu untuk selalu optimis pada kemampuan diri dalam menghadapi berbagai macam masalah dan tantangan hidup yang pasti akan datang menyapamu.

Selalu berpikiranlah positif agar semua keputusan yang kamu ambil berdampak baik bagi diri sendiri,orang lain dan lingkungan sekitarmu,dengan begitu kamu akan lebih dewasa dan bijak ketika menghadapi masalah ataupun kendala yang datang dalam kehidupanmu.

Janganlah lari dari masalah dan kenyataan yang ada,jangan selalu mencari kambing hitam dari masalahmu,walaupun itu terasa berat dan sulit untuk dihadapi.

Yakinlah pada pertolongan Allah dan kemampuan diri sendiri dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah,dengan begitu kehidupanmu akan terasa nyaman dan bahagia.

 

“tembangtafakuran”

Leave a Reply