Bagaimana Mengatasi Munculnya Rasa Minder

Mengatasi Munculnya Rasa Minder

Sikap dan rasa minder merupakan suatu sikap yang menunjukkan rasa kurang pada diri sendiri, seperti merasa tidak memiliki pendidikan yang cukup, merasa dirinya tidak mampu melakukan apa yang dilakukan oleh orang lain, merasa dirinya tidak berguna, menganggap bahwa dirinya selalu salah, merasa tidak mampu dan banyak yang lainnya.

Banyak orang yang mengalami dan merasakan rasa minder ini,jika kamu mengalami hal ini ketika sedang beraktivitas, maka, kamu harus bisa mengendalikan diri, supaya bisa memiliki mental dan kepercayaan diri yang bagus.

Seseorang yang mempunyai perasan minder akan sulit untuk memiliki kehidupan yang baik dan berkualitas, walaupun banyak memiliki pengetahuan dan wawasan.

Penyebab munculnya rasa minder ini,karena orang tersebut jarang bahkan tidak pernah bergaul, menyampaikan pendapat, berdiskusi dan melakukan kegiatan lainnya yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Orang yang minder atau rendah diri biasanya takut saat mencoba atau mengatasi hal yang baru, apalagi dalam bidang pekerjaan, Anda akan mudah gagal bila Anda tidak memiliki rasa percaya diri.

Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa minder itu diantaranya adalah :

Percaya Diri

Tingkat kepercayaan diri yang kamu miliki sangat berpengaruh terhadap perasaan minder Anda. Usahakan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada diri Anda agar Anda bisa menghilangkan perasaan minder tersebut.

 

Ubah Persepsi

Banyak orang yang punya perasaan minder yang tinggi akibat persepsi tentang diri mereka sendiri. Persepsi bahwa mereka merasa bodoh, merasa gagal, merasa tertinggal dan lain sebagainya sudah ditanamkan sejak awal, sehingga membuat minder mereka semakin tinggi. Usahakan bahwa kamu sudah siap, dan akan berhasil dengan apa yang akan kamu lakukan. Dengan begitu kamu akan mampu menghilangkan perasaan minder tersebut.

Positif  Thinking
Jangan berpikiran buruk terhadap tindakan dan hasil yang akan kamu dapatkan, berpikirlah bahwa kamu akan sukses dan berhasil.

Mentalitas
Melatih mental untuk menerima dan melakukan segala sesuatu akan memudahkan kamu untuk menghilangkan perasaan grogi tersebut, juga mempersiapkan diri kamu untuk menerima hasil yang akan Anda capai.

Biasakan Diri
Salah satu latihan yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa minder adalah dengan membiasakan diri. Jika kamu sedang berkumpul dengan teman-teman, sering-seringlah menjadi pelaku utama, bisa menjadi pembicara, ketua, narasumber dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu akan memiliki kemampuan yang baik untuk menghilangkan perasaan minder.

Hargai Diri Kamu Sendiri

Hargailah kehidupan yang kamu jalani,diri kamu sendiri sebagai sebuah anugerah ciptaan Tuhan yang bermanfaat bagi dalam segala hal,mulailah hargailah diri kamu sendiri dan syukurilah apapun yang ada pada dirimu.

Mengatasi Kelemahan Kamu Sendiri

Hal ini merupakan salah satu yang paling sulit untuk dilakukan,karena setiap orang pasti lupa atau bahkan tidak pernah merasa akan kelemahannya,hingga sering kali lebih mengandalkan orang lain untuk menilainya.Padahal yang paling bisa menilai kelemahan diri sendiri adalah bukan orang lain,tetapi diri kamu sendiri.

Lupakan Kesalahan Masa Lalu

Kesalahan ataupun kegagalan pada masa lalu bisa membuat kamu merasa minder dan rendah diri,seharusnya kamu harus belajar dari kesalahan dan kegagalan yang pernah terjadi,agar nantinya jika bertindak ataupun melakukan sesuatu tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama.

Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa di lakukan untuk bisa mengatasi rasa minder ini,yang mungkin setiap orang atau individu akan berbeda dalam mengatasinya,tetapi dengan tujuan dan hasil akhir yang sama,yaitu untuk mengatasi muknculnya rasa minder pada diri sendiri.

 

_salam_

Leave a Reply