Kenapa Kita Mudah Ge’er

mudah geer

 

sekilap.info

Sebuah rasa dan pertanyaan yang susah di ungkapkan dan dijawab. Tetapi lebih gampang dirasakan.

“kenapa cewek gampang banget geer sih?”

“Gimana cowok nggak geer coba,kalo diperlakuin kayak gitu.?”

Sebuah perasaan yang rasanya lebih gampang hinggap di pikiran dan hati banyak manusia daripada dijawab.Lebih susah dijawab daripada pertanyan tentang ilmu pasti ataupun fisika yang tentunya ada rumusnya,lha ini…nggak ada…..

Saya ingin mencoba untuk sedikit mengulas dan menjawabnya menurut kemampuan saya,mungkin rasa itu ada karena manusia emang suka sama sesuatu hal yang nggak pasti (dalam hal tertentu aja). Nggak suka dikasih kepastian, apalagi kalo kepastian itu nggak sesuai harapan.

Kenapa Kita Mudah Ge’er?

Ada juga yang bilang kalo GeEr itu akronim dari Gede Rumangsa (bahasa Jawa yang mengacu pada merasakan/menyadari). Terus dengan arti yang kurang lebih sama,  kamus Slang juga ikut mengartikan kalo geer adalah merasa sedang dibicarakan.

Terakhir, GeER juga disebut sebagai kata sifat yang berarti merasa tersanjung dalam jumlah besar/berlebihan. Nah yang jadi pertanyaan kenapa manusia bisa geer? Kenapa jadi cewek gampang banget geer? Kenapa cowok kalo dikasih perhatian dikit jadi kegeeran? Kenapa manusia cenderung seperti itu…

Perbedaan Persepsi

Rasa geer itu muncul karena kamu merasa orang lain mengganggap kamu begini,tetapi sebenarnya dia menganggap kamu begitu.Geer timbul saat persepsi tentang diri sendiri lebih dari persepsi orang lain tentang persepsi kita. Mudahnya sih persepsi kamu dan dia tentang sesuatu itu ada perbedaan.Jika persepsi kamu sama dengan persepsi orang lain itu berarti udah nggak akan ada lagi geer.

Geer nggak hanya dalam soal cinta, Tapi yang lebih enak dan asyik buat dibahas ya..geer dalam urusan cinta…hehehe. Soalnya korban banyak yang berjatuhan karenanya….eeeaaaaaa…..

Dalam urusan cinta, biasanya (yang sering terjadi) geer itu dimulai dari kedekatan,sering bercanda tawa,saling bully dll lah pokoke…Kamu Menanggapi segala bentuk perlakuan itu dengan berlebihan. Karena kalau nggak ditanggapin berlebihan ya nggak ada yang namanya kegeeran.

Kegeeran itu muncul karena perlakuan yang dikasih ke kamu juga dirasakan lebih(menurut kamu,bukan menurut dia). Makanya kamu pun merespon dengan lebih juga. Kalau ditanggapi dengan biasa aja nggak akan kegeeran kok. Apalagi jika sudah urusan dengan perasaan dan hati. Karena itu bagian paling penting bagi manusia,yang jika salah sentuh bisa bonyok…eeeaaaaa….

Dalam ilmu komunikasi, persepsi adalah inti komunikasi yang merupakan sebuah proses menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita dan proses tersebut mempengaruhi perilaku kita.

Kekeliruan dan kegagalan presepsi biasanya timbul karena kesalahan memahami penyebab perilaku orang lain.Sebenernya kesalahan persepsi bisa diperbaiki. Cuma biasanya satu kesalahan persepsi bakal diikuti sama kesalahan persepsi lainnya. Jadinya bikin perasaan makin nggak karuan. Ujung-ujungnya komunikasi juga jadi nggak efektif.

Sebenernya geer itu nggak masalah sih kalo cuma sesaat. Asal jangan dipikirin terus-menerus. Atau malah sampe jadi bunga tidur mimpi-mimpi malammu. Karena memikirkan persepsi-persepsi yang belum tentu benar secara terus-menerus bisa melahirkan pembenaran-pembenaran baru. Yang akhirnya bikin reaksi kayak gini muncul, “Nah bener kan…. Wah kayaknya dia suka sama aku, wong tiap pagi ketemu dan selalu bercanda,dan selfy bersama” dan ini dan itu lainnya. Jika ini dibiarkan semua itu cuma akan jadi persepsi,tanpa ada klarifikasi dari dia.

Jadi coba tanyakan secara pasti,kemana arah perhatian, pengertian, dan perlakuan yang dia lakukan selama ini? Biar kalian searah, dan nggak mudah GE’ER…hehehe

 

_salam_

Leave a Reply