Nggak Enakan berbuah Nggak Enak

nggak enakan

sekilap.info

Nggak enakan, salah satu sifat manusia yang menyiksa diri sendiri. Dilakuin salah, nggak dilakuin juga salah. Misalnya, kamu lagi capek banget abis ngerjain pekerjaan, eh, tiba-tiba ada temen kamu yang minta tolong buat bantu pekerjaan dia, karena kamu dan temen kamu itu satu kelompok dan dia ada urusan lain.
Mau kamu kerjain tapi udah capek banget, nggak dikerjain tapi nggak enak sama temen kamu. Lalu gimana dong?

Sebenarnya, jadi orang nggak enakan tuh bagus atau nggak sih? Menurut sudut pandang saya, hal itu ada positif dan negatifnya. Kalo kamu termasuk orang yang nggak enakan, biasanya kamu tipikal orang baik yang mudah bergaul, suka membantu sesama, meskipun itu bukan urusan ataupun pekerjaan kamu.

Sisi negatifnya adalah, kamu jadi merepotkan diri sendiri, karena kebanyakan orang yang nggak enakan itu sering banget dimanfaatin sama orang yang nggak tau diri dan egois. Risikonya sih kamu jadi orang baik, tapi sering ngeluh, ngeluhin rasa nggak enakan kamu sendiri dan ngeluhin hal yang kamu lakuin meskipun dengan tujuan menolong orang lain.

Meskipun begitu,kamu udah mengorbankan waktu dan diri kamu. Dalam hati nggak mau, tapi mulut kamu jawabnya mau, sekali lagi hal itu disebabkan oleh rasa nggak enakan itu. Kamu lelah karena seharusnya kamu istirahat dan nggak ngelakuin itu, dan kamu mengeluhkan itu, tapi kamu tetep ngelakuin.

Sikap nggak enakan itu menghambat diri sendiri dan mungkin bisa merugikan lho.

Kenapa? Karena harusnya kamu mengurusi pekerjaan atau urusan kamu, bukan mengurusi urusan atau pekerjaan orang lain meskipun dengan niat untuk menolong. Saya bukan ingin mengajari jadi orang yang acuh atau jadi orang jahat karena nggak membantu orang lain. Tapi pada porsinya, setiap orang berhak untuk menolak sebuah permintaan bantuan, jika memang kamu nggak mau dan kamu rasa orang yang meminta bisa melakukannya sendiri. Lagian, menyenangkan hati orang lain itu tanggung jawab orang itu sendiri (sekali lagi ada porsinya), bukan kamu!

Salah satu cara ataupun tips untuk menghilangkan rasa nggak enakan adalah TEGAS.

Tegas untuk menolak dengan alasan yang bisa diterima, jika kamu rasa dia bisa melakukan/mengatasinya sendiri.

Kita harus memiliki beberapa pertimbangan untuk menolong orang lain,diantaranya :

  1. Orang yang memang butuh pertolongan/bantuan.
  2. Orang itu mempunyai alasan yang masuk akal kenapa kita harus menolongnya.(bukan memanfaatkan).
  3. Kita memang BERSEDIA menolong, bukan TERPAKSA menolong.

Kalau kamu sudah dengan TEGAS menolak,dengan pertimbangan matang tentunya,kamu malah dijauhi atau bahkan dimusuhi,dikucilkan,berarti orang tersebut adalah orang yang salah yang kamu tolong selama ini ( memanfaatkan kamu ),karena jika orang itu mengerti keadaan kamu kenapa tidak bisa ikut menolong atau membantu pasti memakluminya,atau bahkan mengucap terima kasih lho (ini kalau yang logikanya jalan).

Orang yang meminta tolong itu seharusnya siap untuk ditolak (seperti orang yang menyatakan cinta..hihihi),bukan hanya mau menerima tapi tidak mau di tolak(egois biangetttttt).

Pada akhirnya,bersikaplah TEGAS agar rasa nggak enakan kamu itu tidak akan menjadi celah untuk memanfaatkanmu.

semoga manfaat

 

 

Leave a Reply