Orang Tanpa Prinsip Biasa Menjual Diri

Orang Tanpa Prinsip Biasa Menjual Diri

Orang yang mempunyai prinsip dan keyakinan yang kuat,akan senantiasa memegang apa yang pernah diucapkan atau tindakan yang dilakukan,tindakan dan perkataan mereka selaras,sinkron dan konsisten. Apabila orang tersebut berkata “Aku akan Ke barat” maka diapun akan menuju ke barat,dan tentunya dia tidak menuju ke timur,selatan atau utara, mereka inilah orang yang punya keyakinan dan berpegang teguh pada prinsip yang mereka yakini.

Perkataan dan Perbuatan Tidak Konsisten

Seperti peribahasa jawa “isuk dhele sore tempe” yang artinya kurang lebih adalah antara perkataan dan perbuatan tidak konsisten dan cenderung berubah-ubah, ini menggambarkan orang yang mempunyai perilaku selalu berubah-ubah dan tidak konsisten dalam bertindak dan perkataan, salah satu contoh adalah ketika seseorang itu menjadi seorang kepala bagian dalam suatu lingkungan kerja,pertama menjabat,selalu membenarkan apa yang tidak benar yang terjadi di lingkungan kerjanya,tetapi ketika sudah lama menjabat dan mungkin sudah mempunyai pengaruh,dia pun seakan tutup mata dan hanya mementingkan golongan atau kelompok yang mau mengikutinya, mau diakui ataupun tidak,ini banyak terjadi di lingkungan kerja, dan ini nyata sebuah realita kehidupan yang ada dalam dunia kerja.

Banyak gambaran dan contoh tentang orang yang perilakunya tidak konsisten dengan perkataannya, yang pada intinya adalah apa yang dikatakan kemarin,hari ini,esok atau bahkan lusa akan selalu berubah-ubah sesuai dengan kondisi yang terjadi dan apa yang dihadapinya.

Orang yang plinplan, bukan hanya perkataannya yang berubah-ubah, tetapi dari sisi pendirian pun akan selalu begitu, mereka tidak mempunyai prinsip dan pendirian yang tetap dan kuat, juga dari sisi perbuatan, banyak yang tidak konsisten,jika memiliki kepentingan tertentu orang-orang seperti ini seakan-akan berbuat sesuatu yang baik dan bermanfaat, yang lebih parah lagi hanya untuk kelompok atau golongannya sendiri mereka akan bersikap baik dan bijak,jika tidak kebaikannya hanyalah sebuah tipuan semata.

Orang tidak Konsisten Cenderung Menjual Diri

Dalam realita kehidupan sehari-hari, orang seperti ini hanya akan melakukan tindakan yang sekiranya menguntungkan bagi diri mereka sendiri ataupun kelompoknya, orang seperti ini banyak sekali ditemukan di berbagai lini kehidupan, mulai dari petani, pedagang, pekerja swasta , pegawai negeri dan lain sebagainya.

Dalam dunia kerja, hal ini banyak terjadi , ga peduli bawahan ataupun atasan, mereka akan melakukan tindakan yang dirasa menguntungkan bagi mereka, bahkan mereka rela untuk berpindah haluan ataupun menyeberang ke yang lebih menguntungkan.

Secara prinsip jelas hal ini sama sekali tidak mempunyai prinsip dan keyakinan,karena bagi mereka yang penting untung ga peduli harus dengan menjual diri dengan mengorbankan prinsip dan keyakinan yang mereka pegang.

Orang seperti ini sebenarnya tidak disukai banyak orang, karena mereka tidak mempunyai pendirian dan suka membuat pernyataan yang berubah-ubah bahkan tidak sesuai dengan apa yang diperbuatnya.

Nasib Orang PlinPlan

Bicara masalah nasib itu ada dua hal,yaitu keberuntungan atau malah apes, namun jika dilihat secara benar, orang-orang yang tidak mempunyai prinsip cenderung bernasib sial.

Pada masa tertentu mereka terlihat beruntung dan jaya,tetapi itu hanya terlihat dari sisi luarnya,jika mau dilihat dengan seksama,mereka cenderung kebingungan dalam mendapatkan penghasilan, semua itu dikarenakan sikapnya yang tidak mempunyai pendirian sehingga kepercayaan orang untuk memberi mereka suatu pekerjaan semakin lama akan semakin berkurang.

Walaupun mereka ini secara materi terlihat berkecukupan,tapi lambat laun jika sudah banyak yang mengetahui akan sifat aslinya, orang akan enggan untuk bergaul, berteman dengan mereka. Hanya orang-orang dalam lingkup atau kelompoknya yang mau bersama mereka. Bagi orang lain, tentu mereka tidak akan mau untuk menjalin hubungan walau hanya sekedar menjadi teman ataupun sahabat .Karena bagaimanapun juga mau dibungkus sebagus apapun itu,sikap plinplan dalam hidup keseharian itu sangat tidak disukai oleh lingkungan dan masyarakat.

 

_salam_
“tembangtafakuran”

Leave a Reply