Pentingnya Momentum dalam Hidup

momentum dalam hidup

Saat saya sedang duduk di deretan para pecinta ilmu,di tengah lapangan yang basah karena turunnya gerimis,yang dengan mesra membasahi bumi,dari berbagai kalangan,berbagai keyakinan,tanpa adanya permusuhan dan saling menghujat.

Indahnya malam yang dihiasi cahaya bintang redup yang semakin membuat suasana terasa lebih syahdu,semua duduk tenang Sinau Bareng bersama Mbah Nun,dan diantara apa yang beliau sampaikan adalah tentang Momentum,yaa,sebuah momentum yang datang yang harus bisa di manfaatkan.

Disini saya sedikit merangkum apa yang disampaikan Mbah Nun tentang Momentum tersebut sesuai kapasitas saya.

Momentum Dalam Hidup

 

Dalam hidup harus selalu dipenuhi dengan pemikiran yang jauh kedepan,bukan hanya sekedar sebuah pemikiran yang ikut-ikutan belaka, ketahuilah sesuatu yang tepat  untuk dilakukan demi terjadinya sebuah perubahan dalam hidup.

Setiap orang hidup pasti punya momentum yang berbeda-beda,rasakan dan lihatlah dalam diri masing-masing kapan momentum itu ada dan muncul,jangan lah hanya sekedar manut grubyuk ( ikut-ikutan ), Jika dirasakan adanya waktu yang tepat untuk melakukan perubahan diri dalam hal yang lebih positif,maka janganlah hal itu di tunda lagi.

Suatu contoh,seperti orang berdagang,harus bisa melihat kedepan apa yang nantinya setelah ini yang laku dan laris dipasaran,bukan hanya sekedar ikut-ikutan,jika ada yang berdagang ini laris,kita ikut berdagang yang sejenis,dan banyak lagi contoh lainnya. Carilah momentum dan saat yang tepat untuk menjual sesuatu yang nantinya akan laris dipasaran,ciptakanlah momentum itu,dan rasakan munculnya.

Kenyataan Pahit,juga merupakan Momentum Dalam Hidup

 

Suatu momentum itu bukan hanya dari hal yang selalu baik dan positif,ada kalanya sebuah kenyataan yang pahit yang pernah dijalani bisa menjadi sebuah momentum untuk bangkit dari keterpurukan dan menjadi lebih baik,banyak yang bisa dijadikan contoh dalam hal ini, Saat mengalami musibah yang menyebabkan semua harta hilang dan ludes, barulah menyadari bahwa sejak hari itu harus berhemat dan belajar hidup prihatin,dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Salah satu contoh diatas adalah sebuah momentum pahit yang dijadikan titik kebangkitan dan perubahan dalam hidup. Tentunya ini adalah sesuatu yang positif,tetapi banyak pula karena ditimpa sebuah musibah menjadi putus asa,hilang semangat hidupnya.

Momentum Itu ada Di sekitarmu

Ada sebuah pertanyaan “ apakah harus mengalami peristiwa pahit dahulu untuk mendapatkan momentum yang bisa membuat suatu perubahan dalam hidup ? “

Tentu saja jawabnya tidak !! Karena waktu yang sudah berlalu tak akan terulang lagi, dan alangkah sia-sianya kalau harus menunggu momentum yang tepat baru timbul semangat untuk bangkit.
Jadi, yang terpenting adalah bagaimana kamu memandang dan memaknai hal-hal yang ada di sekeliling kamu sebagai sebuah momentum.

Coba deh, jika di ingat-ingat dan rasakan, dalam keseharian, pasti ada masa-masanya dimana muncul rasa sangat bersemangat untuk melakukan apa pun, tetapi, pada saat yang lain, justru muncul rasa yang sebaliknya, rasanya maleees banget bahkan untuk sekadar meninggalkan tempat tidur dan selimut di pagi hari.

Nah,momen dimana saat semangat itu muncul,saat lagi mood,hingga siap melakukan apa saja,inilah yang disebut datangnya sebuah momentum yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan perubahan dalam hidup,bisa apa saja yang membawa manfaat dan pencapaian apa yang diinginkan.

Lakukanlah hal-hal yang bermanfaat untuk diri sendiri,orang lain dan lingkungan,dengan kemampuan yang dimiliki, yang nantinya pasti akan membuahkan suatu hal yang positif.

Sangat sayang sekali jika momentum penting yang muncul tidak dimanfaatkan sebaik mungkin,ataupun tidak digunakan secara maksimal maka hal itu akan lewat begitu saja tanpa berbekas,dan menimbulkan sebuah sesal yang berakibat akan semakin tenggelam dalam rasa malas,malas dalam segala hal.
“Salam Maiyah”

 

_salam_
“tembangtafakuran”

Leave a Reply