Hilangnya Rasa Peduli

hilangnya peduli

sekilap.info

Di suatu sore sepulang kerja,saya dengan beberapa teman yang masih menunggu hujan yang masih turun dengan deras membasahi bumi,seakan hujan yang turun begitu rindu kepada seluruh orang yang berada di bumi.

Dengan berteman secangkir kopi dan sebungkus rokok,kami ngobrol ngalor ngidul dan membicarakan tentang masalah kepedulian yang telah hilang di tempat kami bekerja.

Hilangnya rasa peduli di kala ada teman atau anggota keluarganya yang sedang mengalami musibah ataupun sakit,semua itu hilang,dan digantikan dengan menjadi serba individual atau berkelompok bahkan saling menjatuhkan,seakan tidak membutuhkan orang lain.

Rasa saling peduli kepada sesama rekan kerja itu adalah sebuah bentuk kerjasama,mempererat rasa saling membutuhkan,dan menumbuhkan sikap gotong royong yang seharusnya ada dalam lingkungan kerja.

Mungkin kepedulian itu adalah sebuah hal yang sudah kuno dan tidak menguntungkan bagi masyarakat modern sekarang ini,yaa,memang kesadaran akan kepedulian kepada sesama dan lingkungan harus kembali di tanamkan pada setiap orang,pada setiap jiwa,dan hati setiap umat manusia.

Dengan peduli,kita jadi lebih menghargai hidup yang kita jalani,lebih bersyukur akan apa-apa yang kita terima dan lakukan,Karena dengan begitu kita tau,bahwa masih banyak orang yang membutuhkan.

Peduli bukan hanya dengan Uang,peduli lebih ke rasa perhatian kepada apa yang sedang dialami teman ataupun orang sekitar kita,peduli bukan berarti mencampuri lho yaa…

Kadang yang lebih parah,ada anggapan bahwa kepedulian itu hanya untuk mencari nama ataupun wah semata,ada pula yang menganggap agar bisa mendapat perhatian lebih dari kalangan tertentu,dan masih banyak lagi anggapan miring tentang rasa peduli ini.

Kenapa itu bisa terjadi..???mungkin ada beberapa kelompok atau golongan yang memang melakukannya untuk menarik simpati,tetapi tidak semua orang yang punya rasa peduli seperti itu,telitilah lebih dalam dan janganlah menghakimi jika tidak mengetahui secara pasti.

Di akhir obrolan dan hujan yang mulai reda,kami pun mengakhiri obrolan kecil kami,dan kami mengambil sebuah kesimpulan menurut pemikiran kami,”Bahwa rasa peduli itu hihlang karena ego dari diri sendiri yang lebih mementingkan kepentingan pribadi dan mungkin kelompok”.

Dan kami pun ingin kembali menanamkan sikap peduli itu pada lingkungan kerja kami,dan pastinya akan penuh perjuangan,yang kami siap akan segala resiko yang akan kami hadapi…..Aamiinnn.

 

_salam_

Leave a Reply