Silat Mengajari Kita Pondasi Untuk Hidup

Silat Mengajari Kita Pondasi Untuk Hidup

Menyambung tulisan saya tentang Memahami Arti Silat Dalam Kehidupan, di dalam belajar silat kita akan diajari cara mengolah tubuh dari segi lahiriah ( fisik ) maupun batiniah ( batin ), dari segi fisik kita akan ditempa agar kita bisa tahan dan kuat daya tahan tubuh kita, karena secara dasarnya silat adalah olah raga yang mana siapa saja yang rutin berolah raga akan mempunyai badan yang kuat dan sehat.

Sebenarnya bukan hanya kesehatan yang akan didapat jika kita benar-benar mau mempelajari makna dari silat itu sendiri, gerakan dasar silat yang paling utama sebelum menuju ke gerakan lainnya adalah kuda-kuda, kita akan di latih cara pasang kuda-kuda yang baik dan kokoh, yang tidak mudah goyah oleh serangan lawan entah itu serangan atas ataupun sapuan bawah. Sikap pasang kuda-kuda inipun banyak macamnya sesuai dengan apa yang akan kita hadapi nantinya.

 

Kuda-kuda silat sama halnya dengan pondasi dalam kehidupan

 

Sikap pasang kuda-kuda ini adalah pondasi awal seorang pesilat untuk bisa bertahan dari setiap serangan yang datang, jika hal ini mau kita pahami secara mendalam dalam kehidupan sehari-hari kita harus bisa mempunyai pondasi yang kuat untuk bisa bertahan di lingkungannya, pondasi utama dalam kehidupan yang utama adalah prinsip dan keyakinan yang kuat untuk bisa menjalani hidup, dengan begitu sebesar apapun masalah yang datang jika pondasi hidup kita kokoh dan kuat, maka kita tidak akan mudah goyah atau bahkan jatuh di kala ada masalah yang datang dalam kehidupan kita.

Realita kehidupan yang ada sekarang ini, banyak orang yang sudah tidak mempunyai prinsip cenderung goyah dan tidak punya keyakinan, sehingga hidup mereka pun terombang ambing tidak jelas arahnya, nah disinilah menurut saya keuntungan orang belajar silat, dimana kita di ajari bagaimana cara menahan rasa sakit walau itu secara fisik, tetapi itu berpengaruh juga pada cara berpikir kita, kita diajari sikap pasang kuda-kuda , yang jika dalam kehidupan ini sama halnya dengan sikap kita yang kuat untuk bertahan, semua masalah yang datang akan bisa kita selesaikan sesuai dengan seberat apa masalah itu.

Jadi seperti yang pernah saya tulis, bahwa belajar silat itu belajar tentang cara kita menghadapi hidup, bukan untuk sekedar bisa berkelahi. Di dalam silat selain latihan fisik dan gerakan dasar, kita juga akan diajarkan langkah dalam menghindar mencari titik aman dan langkah untuk balik menyerang, ini sama halnya jika kita di timpa suatu masalah, yang mana kita harus bisa mengambil langkah terbaik untuk menghadapinya , menghindar untuk menemukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi.

Silat itu selaras dengan kehidupan, karena dengan silat kita harusnya bisa memahami seperti apa hidup yang sedang kita jalani,kita akan bisa mengambil suatu keputusan tepat untuk bisa menyelesaikan suatu masalah seperti layaknya ketika kita diserang oleh lawan dalam bermain silat. Seperti halnya kuda-kuda yang kuat dan tahan akan serangan, hidup perlu pondasi yang kuat dan kokoh untuk bisa menjalani setiap permasalahan yang datang dalam kehidupan.

Itulah salah satu dari banyaknya makna dan filosofi yang bisa kita ambil dari Silat, bukan hanya sebagai sarana beladiri untuk bertahan dari serangan lawan, tetapi lebih ke bertahan untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

 

_salam_
“tembangtafakuran”

Leave a Reply